Ceramic VS Porcelain Tiles
Ceramic VS Porcelain Tiles

Bagi konsumen, istilah porselen dan keramik sering digunakan secara bergantian seolah-olah keduanya adalah hal yang sama.

Dan ini dapat dimengerti karena porselen dan keramik digunakan untuk aplikasi yang sama, dipasang dengan cara yang sama. Apakah memang ada perbedaan antara porselen dan keramik? Tentu saja sebagian besar memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.  Yuk, kita bahas tentang Ceramic VS Porcelain Tiles!

  • Daya Serap Air
    Perbedaan utama antara porselen dan keramik adalah tingkatan air yang bias diserap. Porselen menyerap kurang dari 0.5% air sementara keramik menyerap lebih banyak air.
  • Proses Pembuatan
    Porselen dibakar pada suhu yang sangat tinggi untuk jangka waktu yang lama sehingga sedikit berpori. Waktu pengeringan yang lebih lama ini membuat porselen jauh lebih padat dan keras. Untuk mencapai kepadatan ini, adanya proses campuran tanah liat kaolin khusus, dimana campuran biasanya mengandung campuran quartz dan feldspar.
    Sedangkan keramik dibakar pada suhu yang lebih rendah, umumnya tidak lebih dari 1650 derajat Fahrenheit. Keramik menggunakan tanah liat yang lebih kasar dengan rasio tanah liat kaolin yang lebih kecil, dan umumnya tidak memiliki campuran yang digunakan dalam tanah liat porselen. Ini yang membuat keramik lebih lunak dan tidak terlalu padat.
  • Penampilan
    Porselen dan keramik secara estetika hampir sama. Keduanya memiliki permukaan yang mengkilap atau kasar dan memiliki banyak pilihan warna, tekstur dan desain. Meskipun keduanya hampir sama, porselen memiliki keunggulan lain yaitu through-body color (warna menyeluruh sampai bagian dalam porselen) disesuaikan dengan SNI, hal inilah yang membedakan dengan keramik.
  • Durabilitas
    Porselen lebih kuat dan lebih tahan lama karena kepadatannya yang lebih besar. Sifatnya yang sedikit berpori, lebih mudah dibersihkan dari noda. Kualitas porselen yang sangat baik dapat mengurangi kerusakan dalam jangka waktu yang lama.
    Sedangkan keramik lebih rentan retak atau pecah jika terpapar kelembapan untuk waktu yang lama. Ini membuat keramik tidak disarankan untuk digunakan di luar ruangan.
  • Biaya
    Harga keramik pada umumnya lebih murah dibandingkan porselen
    Mengapa harga porselen cenderung lebih mahal?
    Karena tahapan pembuatan yang panjang, serta proses pembakaran yang lama, sehingga menghasilkan porselen yang lebih kuat serta tahan lama dan sedikit berpori. Meski terkesan jauh lebih mahal, tentu kualitas yang didapat akan lebih sepadan.
  • Instalasi
    Sifatnya yang padat pada porselen membuatnya sulit untuk dipotong, terutama bila diperlukan dalam bentuk khusus atau ujung yang membulat. Sehingga membutuhkan perlatan khusus saat pemasangan.
    Untuk pemasangan keramik seringkali menjadi pilihan yang lebih baik karena membutuhkan lebih sedikit peralatan khusus dan lebih mudah saat pemasangan.

Meski kini banyak produk  bermunculan di pasaran, salah satu produk porselen yang memiliki keunggulan kualitas terbaik saat ini adalah Nara Ceramica. Nara Ceramica memiliki banyak motif pilihan porselen dengan kelebihan tampak lebih glossy dan persisi juga serta kualitas standard International.

Sekarang tak perlu bingung lagi membedakan antara Ceramic VS Porcelain Tiles.

jangan sampai salah ya dalam memilih penutup lantai untuk keindahan hunian Anda.  Semoga bermanfaat! ^^

Yuk kunjungi juga website dan marketplace Nara Ceramica di https://narastore.id/ atau https://www.tokopedia.com/nci-official

Bagikan artikel ini ke :

Nara Ceramica

Nara Ceramica

Tips & Trick Seputar Granite Tiles, Interior Design, Architectural & Building Material

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Kec. Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Support

©Hak Cipta 2022 oleh PT Nara Citra Indonesia